Senin, 10 Oktober 2016



Penilaian tengah semester
Tanggal 03-07 Oktober siswa SMP Labschool Jakarta mengadakan PTS atau penilaian tengah semester.  Biasanya namanya UTS tapi tahun ini diganti dengan PTS. Namun artinya sama saja. Jika sedang PTS maka seluruh anak tempat duduknya diacak, kelasnya juga. Budaya di Labschool jika hari Jumat seminggu sebelum PTS maka seluruh meja akan diputar depan kebelakang. kelas 8 duduk dengan kelas 7, kelas 7 duduk dengan kelas 9, kelas 8 duduk dengan kelas 9, memang aneh. Banyak sekolah di luar sana yang tidak memakai cara seperti ini karna mungkin memang agak ribet. Labschool menggunakan cara ini untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan seperti, menyontek, kerjasama, dll.


Hari pertama. Pelajaran Bahasa Indonesia dengan pelajaran agama. Semua siswa belajar dengan sungguh-sungguh. Semua yang sudah dipelajari kita ingat-ingat lagi. Pelajaran Bahasa Indonesia tidak terlalu sulit, kuncinya hanya membaca dengan teliti. Pelajaran agama juga tidak terlalu sulit, kuncinya hanya menghafal. Beberapa soal memang ada yang sulit, tapi jika kita membaca dengan sungguh sungguh pasti ketemu jawabannya


Hari kedua. Matematika dan Prakarya. Matematika sebenernya gampang, jika kita hafal rumusnya. PTS matematika ini menurut saya yang paling susah, karna saya tidak terlalu menyukai pelajaran matematika. Prakarya sangat mudah, karna gurunya sudah memberi rangkuman dan kita cukup belajar dari situ.


Hari ketiga. Bahasa inggris dan PPKn. Bahasa inggris sangat mudah, kuncinya seperti Bahasa Indonesia yaitu, membaca dengan teliti. PPKn, pelajaran itu lumayan susah, karena banyak sekali yang harus kita hafal, seperti UUD, tanggal tanggal, pengesahan UUD, sidang BPUPKI, sidang PPKI, dan masih banyak lagi.


Hari keempat. IPA dan Seni Budaya. Ipa menurut saya adalah pelajaran paling sulit kedua setelah matematika, karna ipa campuran dari teori dan menghitung yaitu biologi dan fisika. Kunci untuk biologi kita harus membaca dan menghafal semuanya. Kunci untuk fisika itu seperti matematika yaitu kita hafal rumusnya dan karna fisika juga ada teorinya kita juga harus tau teorinya.


Hari kelima sekaligus terakhir. IPS dan Penjasorkes. IPS sama seperti ipa banyak sekali hafalannya. Kita harus menghafal iklim, Negara di asean, kapan mereka bergabung dengan asean, kenapa dibuat asean, apa fungsi asean, dll. Penjasorkes menurut saya adalah pelajaran paling gampang karna saya suka olahraga. Penjasorkes yang keluar di pts adalah lari jarak menengah, handball, dan seks(pengetahuan umum).


 Setelah lima hari melaksanakan pts akhirnya selesai juga pts kali ini. Banyak siswa yang bermain bersama teman temannya di sekolah, pergi ke rumah temannya, pergi ke mall, dll. Setelah 5 hari menjalankan pts tentunya kita ingin hasil yang terbaik, jadi kita harus berdoa dan biarkan tuhan mengurus sisanya.


Pada hari senin, wali kelas memberitahukan bahwa kita boleh tau nilai kita, padahal sebelumnya tidak boleh. Kita sangat senang karna akhirnya mengetahui nilai kita. Ada yang jelek, ada yang biasa saja, ada pula yang bagus. Kita sangat senang karna walaupun jelek itu hasil kita sendiri.

4 komentar: